TINDAKAN SOSIAL

12 11 2009

 

  1. PENGANTAR

Dalam kehidupan sehari hari manusia tidak lepas dengan manusia lainya, karena pada dasarnya manusia adalah makluk sosial. Sepanjang hari setiap manusia akan selalu melakukan aktifitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semua aktifitas itu yang kita kenal sebagai ‘tindakan’ dalam konsep sosiologi. Dalam kehidupan sosial dengan Tuhan maupun dalam hubungannya dengan alam sekitar dan masyarakat tentu diwarnai dengan berbagai macam tindakan atau perbuatan, tentu perbuatan ini diperoleh melalui proses belajar baik secara formal maupun informal. Tindakan ini menunjukkan bahwa manusia selalu aktif dan tidak bisa diam dalam menjalani hidup ini. Mereka harus bekerja, belajar dan behubungan dengan manusia lainnya, tentunya ini mempunyai motif tertentu. Nah, setiap perbuatan manusia yang dilakukan dengan maksud maupun tujuan tertentu ini dinamakan tindakan sosial.

http://click-gtg.blogspot.com/2009/06/tindakan-sosial.htm

  1. PENGERTIAN TINDAKAN SOSIAL
    1. Pengertian tindakan

Sepanjang hari dari padi sampai malam semua individu akan melakukan serangkaian tindakan mulai dari bangun tidur, membersihkan kamar tidur, basuh muka, sikat gigi, wudlu, sholat, berdo’a, persiapan bersih diri, sarapan pagi berangkat sekolah, bertemu kawan, diskusi, saling canda, sms dengan rekan, belajar di sekolah, makan siang dan seterusnya sampai pulang rumah, memberi makanan binatang piaraan, melakukan seluruh aktifitas sampai berbaring tidur lagi dan mimpi indah. Semua jenis aktifitas diatas adalah ‘tindakan’. pengertian tindakan masih sangat umum karena tertuju pada semua hal yang manusia lakukan. Tindakan selalu dilakukan oleh semua manusia. Manusia yang tidak melakukan tindakan tdak biasa disebut hidup, karena setiap manusia hidup akan melakukan tindakan. Tindakan adayang berupa gerakan ataupun statis. Misalnya tidur, tidur merupakan tindakan walaupun orang yang melakukannya tidak melakukan gerakan. Ada juga tindakan yang berupa gerakan. Tindakan yang berupa gerakan biasanya semua orang langsung tahu. Misalnya orang yang sedang mencangkul, semua oarang yang melihatnya pasti akan langsung tahu bahwa orang itu sedang melakukan tindakan mencangkul.

1. TINDAKAN
Judul berita Tidur
Sinopsis Pada suatu hari. Seorang siswa IC belajar sampai larut malam. Saat mulai kelelahan, matanya mulai terasa berat. Akhirnya karena tak kuasa menahan kantuk, ia pun ter tidur pulas di atas ranjang.
Analisis Cerita di atas merupakan ‘tindakan’ bukan ‘tindakan sosial’ karena tidur tidak menghiraukan kehadiran atahu adanya orang lain.
    1. Pengertian tindakan sosial

Coba perhatikan semua jenis aktifitas diatas. Kalau diamati dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yakni ada tindakan yang dalam melaksanakannya tidak pernah memperhitungkan keberadaan orang lain seperti mimpi, sikat gigi, memberi makanan binatang piaraan. Namun sebagian besar tindakan diatas adalah sangat memperhitungkan ‘keberadaan’ orang lain seperti sms dengan teman, berdiskusi, c, canda, belajar di kelas, dan seterusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setiap tindakan yang dilakukab memperhitungkan ‘keberadaan’ orang lain maka disebut sebagai ‘tindakan sosial’. Tindakan sosial sangat memperhatikan keberadaan orang lain. Semua tindakan yang termasuk tindakan sosial pasti dilakukan dengan memperhatikan orang lain. Baik tindakan itu dapat langsung difahami oleh orang lain maupun tidak. Tindakan sosial erat kaitanya dengan kontak sosial,karena dilakukan dengan adanya kontak sosial. Tindakan sosial juga ada yang berupa tindakan yang menguntungkan orang lain, yang merugikan orang lain, ataupun tidak berpengaruh pada orang lain.singkat kata tindakan sosial ialah tindakan yang dilakukan denga memperhatikan keberadaan orang lain.

2. TINDAKAN SOSIAL
Judul berita Fergie minta maaf
Sinopsis Sir Alex Ferguson terancam mendapatkan hukuman berat terkait komentar miringnya terhadap wasit Alan Wiley. Mengenai komentarnya ini, pelatih Manchester United itu meminta maaf kepada Wiley.

Perseteruan Fergie dengan Wiley terjadi pada lanjutan Premier League antara United dan Sunderland. The Black Cats sukses menahan Wayne Rooney dkk 2-2 di hadapan publik Old Trafford.

Fergie memprotes Wiley yang tidak memberikan tambahan waktu cukup lama. Pelatih asal Skotlandia itu bahkan menyebut Wiley tidak fit dan sudah tidak pantas memimpin pertandingan.

Namun, Fergie menyadari kesalahannya tersebut dan mengatakan: “Saya meminta maaf kepada Tuan Wiley karena komentar yang saya ucapkan dan juga kepada FA atas tindakan saya ini.”

Analisis Tindakan tersebut merupakan tindakan social karena tindakan tersebut mengakibatkan kontak social antara Fergie dan Willey. Seperti telah kita ketahui bahwa tindakan social merupakan tindakan yang memperhitungkan adanya orang lain, dan tindakan di atas Fergie memperhitungkan adanya Willey.
  1. PEMBAGIAN TINDAKAN SOSIAL
    1. TINDAKAN SOSIAL OBYEKTIF

Tindakan yang dapat dimaknai sama antar yang melakukan dengan fihak lain. Sekelompok siswa sedang mengerjakan ujian, akan difahami sama oleh siswa yang sedang ujian tersebut maupun fihal lain yang tidak mengikuti ujuian tersebut. Dengan demikian dapat difahami bahwa siswa yang sedang ujian merupakan tindakan obyektif.

1. TINDAKAN SOSIAL OBYEKTIF
Judul berita Memberi sumbangan
Sinopsis Pak Dikin merupakan orang terkaya di kampungnya. Oleh karena ia oarang ayang dermawan , setiap idul fitri ia selalu menyumbangkan sebagian hartanya pada orang yang membutuhkan. Warga sangat senang dengan hal itu. Karenanya Pak Dikin sangat di hormati.
Analisis Tindakan menyumbang merupakan tindakan sosial obyektif. Karena siapapun yang melihat orang yang sedang menyumbang pasti akan langsung tahu bahwa orang itu sedang menyumbang.
    1. TINDAKAN SOSIAL SUBYEKTIF

Tindakan yang hanya dapat difahami oleh diri sendiri (yang melakukan) dan dapat difahami bebeda oleh fihak lain. (lanjutkan penjelasan ini dengan 6 kalimat anda sendiri )

2. TINDAKAN SOSIAL SUBYEKTIF
Judul berita Penipu merajalela
Sinopsis Sudah satu bulan Bu Tati, seorang ibu rumah tangga mengikuti arisan yang dipimpin oleh tetangga barunya dan sekaligus sebagai pemegang uang, penarikan arisan itu dilakukan setiap minggu dengan jumlah 75.000 . arisan itu diikuti 60 orang. Ternyata setelah 1 bulan menanti tetangga itu kabur dengan membawa uang sebesar 18.000.000 Bu Tati dan yang lainya pun harus mengelus dada karena ternyat uang mereka raib.
Analisis Tindakan tetangga baru Bu Tati merupakan tindakan subyektif karena hanya dia dan Allah yang tahu maksud dan tujuan sebenarnya dari tindakan itu.
  1. TIPE TINDAKAN SOSIAL
    1. Tindakan sosial berorientasi instrumen adalah tindakan sosial yang memperhitungkan cara / prosedur / tahapan / langkah-langkah untuk mencapainya, sedang tujuan dapat diukur dengan jelas.

Seorang siswa yang bercita-cita menjadi dokter, maka langkah-langkah yang ditempuh sebabagi berikut : selepas pendidikan dasar akan melanjutkan ke SMP / MTs, melanjutkan ke SMA / MA, kemudian ke PT memilih Fakultas Kedakteran dan diakhiri pendidikan Profesi Dokter. Dengan demikian langkah-langkahnya jelas. Tindakan ini dilakukan dengan memperhitungkan kesesuaian antara cara yang digunakan dengan tujuan yang akan dicapai. Artinya setiap orang akan melakukan tindakan sesuai dengan tujuannya.  Mislanya anak yang ingin menjadi pemain sepak bola pasti akan memilih untuk membeli sepatu bola dari pada membeli mainan mobil-mobilan. Hal itu Karena sepatubola bisa dipakai untuk berlatih sepak bola sesuai dengan tujuan atau cita-citanya. Dari pada ia membeli mainan mobil-mobilan yang tak ada hubungannya dengan cita-citanya. Jadi jelas setiap apa yang kita lakukan harus sesuai antara cara yang kita gunakan dengan tujuan yang ingin kita capai.

1. TINDAKAN SOSIAL BERORIENTASI INSTRUMEN
Judul berita Pendaftar PPDGS FKG Unhas 26 orang
Sinopsis Makassar, Tribun – Pendaftaran calon mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas ditutup Jumat (16/10) kemarin. Peminat program spesialis ini mencapai 26 orang.

Dari jumlah tersebut akan diseleksi untuk menampung masing-masing 10 orang mahasiswa pada dua program studi. Saat ini PPDGS membuka dua program studi yakni prostodonsi, dan konservasi gigi.

Analisis Mereka yang mendaftar di unhas tersebut pasti bertujuan untuk menjadi dokter, oleh karena itu mereka kuliah di fakultas kedokteran
Sumber http://www.tribun-timur.com/read/artikel/53401
    1. Tindakan sosial berorientasi nilai adalah

Tindakan sosial ini memperhitungkan cara / prosedur / tahapan / langkah-langkah untuk mencapainya, sedang tujuan sulit diukur dengan jelas.

Tindakan demikian ini biasanya berkaitan dengan nilai – nilai dasar yang hidup di masyarakat. Nilai-nilai itu seperti keimanan, kejujuran, kebenaran dan sebagainya.

Seorang siswa pada bulan Ramadhan menjalankan puasa sebulan penuh, kemudian ditanya mengapa melakukan tindakan tersebut, padahal berpuasa itu lapar dan melelahkan. Namun tetap melakukan aktifitas kesehariannya dengan semangat. Langkah langkah berpuasa tetap ia lakukan dengan runtut dan ketat. Ternyata siswa tersebut memiliki ‘sesuatu’ yakni nilai keimanan kepada Allah. Namun sebarapa besar keimananya, sangat sulit mengukurnya. Tindakan ini dilakukan seseorang yang didasari oleh nilai-nilai dasar dalam masyarakat. Baik itu niai yang berhubungan dengan norma agama, kesusilaan, atau kebiasaan. Misalnya orang indonesia mau berpakaian rapi itu karena nilai budaya di Indonesia mengharuskan bangsanya untuk berpakaina rapi. Dan juga orang Islam mau membagi hartanya untuk zakat,itu karena nilai agama yang mengharuskan orang Islam mengeluarkan zakat dan juga ada nilai pahala yang diharapkan orang itu.

2. TINDAKAN SOSIAL BERORIENTASI NILAI
Judul berita 61 Fakir Miskin Anggana Terima Zakat
Sinopsis SELAIN acara pelepasan jemaah calon haji (Calhaj) yang dipusatkan di masjid Ar Riyadhoh, Desa Sungai Marima, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (11/10) lalu, juga dirangkai untuk penyerahan hasil zakat yang dikumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) Anggana, pada bulan Ramadan kemarin.

Ada 61 fakir miskin yang dibantu. Sehingga selain calhaj yang senang, karena keberangkatan mereka dilepas secara resmi oleh pihak instansi pemerinta di Anggana, fakir miskin yang hadir pada acara tersebut juga merasa senang, karena mereka disantuni.

Analisis Orang yang memberikan zakan itu karena zakat memiliki nilai ibadah dan ber pahala.
Sumber http://www.sapos.co.id/berita/index.asp?IDKategori=280&id=604
    1. Tindakan sosial tradisional

Tindakan yang dilakukan hanya semata karena meniru tindakan yang sudah menjadi kebiasaan kelompok mayarakat tertentu. Coba anda perhatikan turis yang ada di Bali yang sedang mengunjungi Pure Besakih. Setiap pengunjung wajib memakai kain yang dililitkan pinggang dan ternyata diikuti semua pengunjung tanpa kecuali. Tindakan pengunjung yang memakai kain tersebut adalah tindakan sosial tradisional karena melakukannya hanya mengikuti kebiasaan setempat. Tindakan ini dilakukan atas dasar kebiasaan, adat istiadat yang turun temurun tanpa. Tindakan ini biasa dilakukan pada masyarakat yang hukum adat masih kental, sehingga dalam melakukan tindakan ini tanpa mengkritisi dan memikirkan terlebih dulu. Walaupun bila dipikir ulang sebenarnya tidak masuk akal. Sebagai contoh di masyarakat Jawa adat adat mitoni yaitu upacara yang dilakukan dalam bulan ke tujuh usia kandungan pertama seorang istri. Ini dilakukan agar diberi keselamatan pada saat kelahiran nanti. Seperti yang telah saya ungkapkan di atas, tindakan tersebut tidak masuk akal. Tapi itu karena sudah menjadi kebiasaan maka masyarakat tetap ada yang mau melakukan.
Kita semuanya sadar bahwasanya manusia hidup berdampingan dengan yang lain dan tindakan sosial ini adalah bagian dari itu. Kita sebisa mungkin harus tetap menjaga tindakan tersebut agar tetap harmonis demi terwujudnya kehidupan yang lebih baik. Karena tindakan itu semua akan menuju pada interaksi sosial dan bukannya tidak mungkin juga akan terjadi konflik sosial.

1. TINDAKAN SOSIAL TRADISIONAL
Judul berita Persembahan untuk Laut Utara Jawa
Sinopsis Sehari sebelum puncak perayaan Nadran, semua warga bersiap-siap. Berbagai jenis hidangan disajikan untuk nantinya dinikmati bersama. Mereka juga membuat meron, perahu miniatur, yang selalu dihias semeriah mungkin. Sesaji utama adalah seekor kerbau jantan yang sehat tanpa cacat. Bagian kepala dan kulit kerbau yang akan jadi bagian dari sedekah laut. Sesaji lainya adalah masakan dan buah-buahan.

Keesokan harinya, Meron dilarung sekitar lima kilometer selepas pantai. Sesaji ini menjadi rebutan para penonton yang ada di kapal-kapal pengiring. Usai melarung, juru kunci mengambil air laut yang nantinya bakal dijadikan air upacara ruwat. Tradisi yang konon telah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu ditutup dengan pagelaran wayang kulit. Usai pertunjukkan wayang, juru kunci Nadran membagikan air upacara ruwat kepada warga yang antre

Analisis Upacara sedekah laut dilakukan karena adat yang ada di daerah itu.
Sumber http://berita.liputan6.com/progsus/200910/247482/Persembahan.untuk.Laut.Utara.Jawa
    1. Tindakan sosial afeksi.

Tindakan sosial ini didasarkan pada dominasi perasaan. Senang, sedih, menangis, bahagia, cinta, diayomi, dilindungi dan lain sebagainya adalah tindakan sosial afeksi. Tindakan ini biasanya spontan dilakukan tanpa berfikir panjang. Tindakan ini dilakukan seseorang berdasarkan perasaan yang dimilikinya, biasanya timbul secara spontan begitu mengalami suatu kejadian. Sebagai contoh, seorang begitu mendengar cerita yang menyedihkan, ia sampai menitikkan air mata. Dan juga orang yang sedang senang atau bahagia secara spontan akan tersenyum. Sesorang kan langsung melakukan tindakan afeksi, tanpa paksaan atau perintah. Sumber tindakan ini adalah perasaan orang itu sendiri yang menyuruhnya untuk melakukan hal tersebut.

1. TINDAKAN SOSIAL AFEKSI
Judul berita Peringatan Bom Bali I : Keluarga dan Kerabat Menangis
Sinopsis Keluarga dan kerabat korban Bom Bali I mulai berdatangan ke Konsulat Australia, sejak Senin pagi (12/10/2009). Mereka datang untuk memperingati tragedi bom Bali I, yang menewaskan 200 orang lebih.

Suasana peringatan tragedi bom Bali I, berlangsung dengan khidmat. Dalam peringatan ini, kerabat dan keluarga korban tidak dapat menahan tangis, ketika prosesi mengenang tragedi Bom Bali I, berlangsung.

Mereka tidak menyangka, keluarga dan kerabatnya akan menjadi korban ledakan bom yang dilakukan Amrozi CS pada tahun 2000 silam.

Analisis Mereka para keluarga korban bom Bali I menangis karena memang mereka sedih ditinggal mati keluarganya saat bom Bali I.
Sumber http://www.indosiar.com/fokus/82566/peringatan-bom-bali-i–keluarga-dan-kerabat-menangis
About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: